PIDATO BAHASA INDONESIA

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Yang kami sayangi, teman-teman seperjuangan
Serta segenap dewan juri yang bijaksana
حمدا شكرا لله لاحول ولاقوت إلا بالله. وبعد
Pertama-tama, marilah kita mlafadzkan alhamdulillahirabbil ‘alamin, sebagai ungkapan rasa syukur kita atas segala ni’mat iman dan islam serta kesehatan, sehingga kita dapat berkumpul dimajlis ini tanpa halangan suatu apapun.
اللهم صل على سيدنا محمد
Shalawat dan salam, semoga senantiasa terhaturkan kapada Nabi Muhammad SAW, yang telah menunjukkan kepada kita semua jalan yang lurus, jalan yang mengantarkan kita kepada kebahagiaan yang sesungguhnya.
Tak lupa kami sampaikan terima kasih kepada pembawa acara, yang telah berkenan memberikan kami waktu untuk menyampaikan beberapa untaian kata.
“MUHAMMAD TUNTUNANKU, ISLAM AGAMAKU”
Teman-temanku yang berbahagia.
Nabi Muhammad saw merupakan nabi ahir zaman yang lahir pada tanggal 12 rabiul Awal tepatnya pada tahun gajah, yaitu tahun dimana Abrahah menyerang ka’bah bersama pasukan gajah. Nabi Muhammad merupakan teladan bagi umat islam, bahkan tidak hanya umat islam saja namun risalah beliau juga bermanfaat bagi manusia seluruh alam.
وماأرسلناك إلا رحمة للعالمين
Nabi Muhammad saw merupakan teladan yang baik bagi seluruh umat manusia. Jujur, dapat dipercaya, penyampai kebenaran yang ditunjukkan oleh Allah serta kejujuran merupakan sifat yang melekat dalam kepribadian beliau. Selain itu, tentunya masih banyak akhlak terpuji yang melekat dalam diri beliau, Sehingga beliau sangat pantas untuk kita jadikan sebagai suri tauladan bagi kita semua dalam menjalankan segala hal.
انمابعثت لاتمم مكارم الاخلاق
Teman-temanku sekalian yang kami banggakan.
Nabi Muhammad saw bukanlah orang yang kaya, namun beliau sangat dermawan dan murah hati kepada sesama. dalam sebuah kisah diceritakan bahwasannya suatu ketika, beliau memakai jubah yang indah, kemudian ditengah jalan beliau bertemu dengan seorang bapak yang tidak dikenalnya, namun tiba-tiba orang tersebut meminta Rasulullah saw untuk memberikan jubah beliau kepada bapak tersebut. Tanpa pikir panjang Rasulullah saw langsung memberikan jubah itu kepada bapak tadi.
Subhanallah… betapa murah hatinya Rasulullah saw bukan?
Rasulullah saw dilahirkan didunia, tidak hanya untuk menyempurnakan akhlak. Rasulullah saw diturunkan ke dunia ini juga untuk menyampaikan petunjuk dari Allah swt. Al-qur’an merupakan petunjuk bagi umat islam yang dijadikan bukti atas kebenaran ajaran rasulullah. Sebagai umat islam yang mengikuti ajaran yang dibawa Rasulullah saw, nabi Muhammad saw mengajarkan kepada kita tentang rukun islam. Melafadzkan syahadat, melaksanakan shalat, membayar zakat, puasa pada bulan Ramadlan, dan melaksanakan ibadah haji ke baitullah merupakan rukun islam yaitu kewajiban yang harus dilakukan bagi seluruh umat Rasulullah.
Selain itu, Rsulullah saw juga mengajarkan kepada kita semua akan rukun iman. Dimana dalam rukun iman tersebut mengandung enam hal yang harus diyakini oleh kita semua yang mengaku sebagai umat islam.
Enam dari rukun iman tersebut diantaranya, iman kepada Allah, iman kepada malaikat Allah, iman kepada Rasul Allah, Iman kepada kitab Allah, iman kepada hari akhir serta iman kepada qadla dan qadar Allah.
namun sangat disayangkan, pada zaman yang serba canggih ini, islam hanyalah tercantum dalam KTP saja sedangkan dalam perilakunya, tidaklah mencerminkan adanya iman dan islam dalam hatinya. Astaghfirullah….
Semoga kita semua tidaklah termasuk golongan orang-orang yang hanya meletakkan islam dalam KTP nya saja melainkan dalam hatinya. Dan semoga akhlakul karimah senantiasa menghiasi setiap tingkah laku kita.
Mungkin, cukup sekian dari kami, apabila ada salah dalam setiap tutur kata, kami pribadi mohon maaf yang sebesar-besarnya.
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Komentar

HEAVEN

MANAJEMEN KONTEMPORER

PENCEGAHAN DAN PEMBATALAN PERKAWINAN

GERAK PRESESI DAN GERAK NUTASI SUMBU BUMI