RITUS DAN BUDAYA JAWA


Sebagaimana realita yang ada, masih sering kita temukan ritus-ritus yang berbau mistis terselenggara dikawasan umat islam. Hal tersebut dilakukan karena sudah dilaksanakan secara turun-temurun oleh mereka sehingga keyakinan negatif yang mungkin terjadi jika hal itu tidak dilakukan membuat mereka tetap mempertahankan kebiasaan itu.
Parahnya umat islam yang masih melaksanakan ritual-ritual ini menafikan bahwa hal tersebut masih mengandung syirik. Mereka tetap meyakini bahwa hal tersebut merupakan ritual yang telah turun-temurun dilaksanakan oleh nenek moyang mereka dan harus dilakukan dan dilestarikan.
Malihat fenomena ini, perlu kita sadari bahwa hal ini tak lain merupakan salah satu tugas penting bagi kita para cendekiawan muslim, tepatnya yang mengaku muslim. Bagi kita, meluruskan pemahaman mereka merupakan tugas penting karena secara tidak langsung hal ini merupakan salah satu hal yang berkaitan erat dengan keabsahan serta kesempurnaan keagamaan seseorang.
Perlu diingat juga bahwasannya meluruskan pemahaman mereka bukanlah suatu hal yang mudah. Karena sesuatu yang telah diyakini tersebut tidak akan mungkin bisa dihancurkan dalam sekejap, ttidaklah semudah membalikkan telapak tangan. namun usaha demi usaha seharusnya tetap kita laksanakan. Diantaranya diawali dengan pendekatan-pendekatan, setidaknya pendekatan yang mampu meraih hati mereka. Dengan begitu sedikit demi sedikit kita bisa mempengaruhi pola pikir mereka sehingga jika pola pikir mereka telah terpengaruhi maka selanjutnya kita bisa lebih mudah mencekoki mereka dengan ajaran islam secara kaffah. 

Komentar

HEAVEN

MANAJEMEN KONTEMPORER

PENCEGAHAN DAN PEMBATALAN PERKAWINAN

GERAK PRESESI DAN GERAK NUTASI SUMBU BUMI