Resume Algoritma dan Pemrograman Hisab I
Suatu rangkaian rangka-rangka yang sistematis dan logis untuk menyelesaikan suatu persoalan
Sekumpulan ide untuk menyelesaikan suatu masalah
Suatu rangkaian ide-ide dasar yang sistematis dan logis untuk menyelesaikan suatu permasalahan
Sehingga secara umum pengertian Algoritma yaitu serangkaian langkah atau prosedur yang disusun secara logis dan sistematis untuk memecahkan suatu permasalahan.
HUBUNGAN ALGORITMA, PEMROGRAMAN, DAN KOMPUTER :
Komputer adalah kumpulan beberapa perangkat keras, yang untuk mengoperasikannya dibutuhkan program sesuai dengan kebutuhan. Program komputer sendiri membutuhkan algoritma sebagai dasar pembuatan program.
Hubungannya, Algoritma diumpamakan sebagai nyawa dari program tersebut sedangkan program adalah bahasa dari algoritma sedangkan computer yaitu eksekutornya.
SYARAT-SYARAT PROGRAM YANG BAGUS :
- Rediability / validity (datanya benar dan prosesnya dapat masuk akal)
- Correctness (akurasi kebenaran programnya terjamin/ kebenaran yang dihasilkan oleh program)
- Universal (tidak hanya berlaku sektoral/ bisa dipakai secara menyeluruh dan tidak hanya berlaku untuk suatu daerah tertentu)
Contoh: program arah kiblat (rumus di Indonesia dan di Jepang tentu berbeda tergantung SBMD nya)
- Complexity (digunakan untuk menjawab sesuatu yang dulunya kompleks, bisa dijawab dengan simple dan gambling atau mampou merubah sesuatu yang rumit menjadi sederhana dan mudah dimengerti)
- Evaluable (dapat dievaluasi kembali yang kemudian bisa diperbaharui)
- Durable / efisiensi waktu (kecepatan pembuatan program namun juga harus tepat programnya, bisa tahan lama) Ukuran terhadap keefektivitasan suatu program, efektif berarti mempercepat proses dan eliminasi human error.
- Expendeble (bisa diperluas)
BENTUK PENULISAN ALGORITMA :
Penulisan ide-ide konsep dasar menjadi sebuah program untuk bisa diketahui dan dievaluasi oleh banyak orang, hal ini bisa dilakukan dengan beberapa cara/model penulisan algoritma :
- Human Language
Kelebihan : mudah dipahami oleh berbagai kalangan.
Kelemahan : programmer (komputer) akan sulit menerjemahkan karena program ditulis dengan bahasa manusia. sehingga tidak bisa dipahami komputer atau elektronik sekalipun.
- Flowchart / diagram alir / bagan alir.
Kelebihan : memakai bahasa program, relatif bisa dipahami oleh manusia.
Kekurangan : jika programnya komplek maka pembacaannya juga lebih sulit, hanya bisa dipahami oleh programmer, apabila programnya besar, akan memakai flowchart yang banyak.
- Psuedo Code (kode semu)
Kelebihan : mudah diterjemahkan komputer
Kekurangan : sulit dimengerti oleh orang awam.
BAGIAN-BAGIAN PSOUDO CODE:
Ø Header
Ø Deklaration
Ø Deskription
FLOWCHARTING
Merupakan pemahaman diagram itu sendiri. Karna merupakan hal yang fundamental dengan mengetahui arti symbol-simbolnya. Dalam prosesnya ada 3 macam, yaitu :
- Flowcharting Squence (Urutan)
Karena prosesnya berurutan maka tinggal mengikuti prosedurnya.
Example: menghitung luas lingkaran
- Flowcharting Selection
Merupakan bagian dari proses yang menyatakan YA bagaimana prosesnya, dan TIDAK bagaimana prosesnya.
Example: belanja berhadiah, menghitung tahwilussanah
- Looping / Repetation (Pengulangan)
Jikalau syarat / salah satu inputnya tidak terpenuhi, atau belum lengkap atau salah, maka diperlukan proses looping.
BENTUK-BENTUK DIAGRAM
Terminator untuk mengawali sebuah program | |
Proses | |
Inputing data | |
Preparation | |
Storeging / Penyimpanan | |
Hasil / Printing | |
Decision / Selection |
LANGKAH-LANGKAH MEMBUAT PROGRAM:
1. Mengidentifikasi massalah
2. Menemukan solusi
3. Memilih bentuk penulisan algoritma
4. Menulis program (dalam bahasa komputer, kalkulator, dll)
5. Implementasi program
6. Evaluasi
7. Perawatan program
Contoh selection :
Contoh Sequence :
Ex: menghitung luas lingkaran
Komentar
Posting Komentar