Langsung ke konten utama

ULAMA’ BESAR INDONESIA (BIOGRAFI DAN KARYANYA) Karya : Muhammad Ulul Fahmi


1.      Syekh Nawawi al-Bantani (Sayyid Ulama’ al-Hijaz)
Beliau lahir di Serang, Banten pada tahun 1813 M / 1230 H. Beliau putra dari kyai Umar yang mempunyai hubungan silsilah ke-12 dari Maulana Syarief Hidayatullah.
Perjalanan keilmuannya dimulai dari mimpinya yang masih merasa dahaga setelah minum seluruh air laut hingga muncul keinginan kuat dari dalam dirinya untuk belajar didaerah Jawa Timur. Akhirnya beliau mendapatkan izin dari ibunya untuk belajar dengan syarat “tidak boleh pulang sebelum pohon kelapa yang ditanam ibundanya berbuah”.
3 tahun belajar kemudian perjalanan keilmuannya berpindah ke daerah Jawa Barat namun baru saja diterima, kiyai beliau justru menyuruhnya pulang dengan alasan buah yang ditanam ibunya telah berbuah.
Sesampai dirumah, beliau dipercaya menjadi pengasuh pondok rintisan ayahnya. Setelah beberapa lama, pondok tersebut sudah ramai sehingga tidak muat lagi menampung santri hingga ahirnya beliau pindah kedaerah pesisir. Pada usia 15 tahun beliau haji sekalian belajar kemudian pulang dengan berbekal ilmu untuk para santrinya namun ahirnya beliau kembali lagi ke makkah dan semakin memperdalam hasanah keilmuannya disana.
Semakin hari kesibukannya semakin bertambah, selain mengajar beliau juga menulis yaitu menulis syarh dari kitab-kitab yang dianggap sulit untuk dimengerti. Hal ini selain untuk memperjelas juga untuk melestarikan karya-karya pendahulunya. Syeikh Nawawi mendapat gelar Imam Nawawi kedua yaitu yang pertama adalah Imam Nawawi yang men-syarh-kan shahih muslim dsb.
Tulisan beliau cepat terkenal karena padat dan juga mudah difahami.
Beliau wafat pada usia 84 tahun tanggal 25 syawal 1314 H / 1897 M yang dimakamkan di Ma’la dekat makam Siti Khadijah
Diantara karomah beliau:
-          Pancaran cahaya dari telunjuknya
-          Jenazah sera kain kafannya tetap masih utuh setelah bertahun-tahun dikubur
-          Mampu menunjukkan ka’bah tanpa alat suatu apapun
2.      Mbah Sholih Darat
Lahir di Jepara pada tahun 1235 H / 1820 M dan wafat di Semarang pada hari jum’at, 29 Ramadlan 1321 H / 18 Desember 1903 M.
Pendidikan beliau berawal dari Jawa lalu ke Singapura bersama ayahandanya, kiyai Umar hingga di Makkah. Beliau menjadi guru di Makkah hingga ahirnya hati beliau terketuk untuk pulang dan mengajarkan ilmu pengetahuan dan mendirikan pesantren di daerah pesisir kota Semarang hingga namanya tersohor. Banyak juga karya-karya bertuliskan huruf pegon yang diterbitkannya. 
3.      Syaikh Kholil Al-Bankalani
Keturunannya bersambung pada sunan Gunung Jati. Beliau lahir pada hari ahad pahing, 11 jumadil akhir 1235 H / 14 maret 1820 M di Bangkalan Madura. Ayahnya bernama Abdul Latif.
Pendidikannya berawal dari madura sendiri hingga ahirnya beliau melancong ke daerah pulau jawa dan terakhir adalah di Makkah. Hingga ahirnya beliau menjadi mursyid Thariqah Qadiriyah Wan Naqsabandiyah. Setelah keilmuan beliau dianggap mumpuni oleh gurunya, akhirnya beliau disuruh pulang ke tanah Jawa dan menyebarkan ilmu disana.
Beberapa waktu di Madura, keunggulannya dalam bidang alfiyyah ternyata cepat tersebar keseluruh penjuru Madura bahkan Jawa sehingga banyak murid yang datang padanya untuk menuntut ilmu. Begitu sempurna penguasaan beliau dalam alfiyyah sehingga dalam berbagai hal selalu beliau kaitkan dengan kitab Nahwu tertinggi itu. Banyak tulisan beliau namun sayangnya hanya sedikit yang mampu dilacak.
Beliau wafat pada malam jum’at legi, 29 ramadan 1343 H / 24 april 1925 M dan jasadnya dikebumikan di Bangkalan.
Diantara karomah beliau:
·         Dapat mengetahui apa yang ada di benak seseorang
·         Ke Makkah naik Kerocok (sejenis daun aren yang bisa mengapung diatas air.
·         Mampu melihat dan memperlihatkan ka’bah dengan melubangi tembok.
·         Dapat bertemu dengan nabi Khidhir
·         Mampu menjaring ikan laut di darat
·         Dapat mengubah batu menjadi emas
4.      Syeikh Mahfudz at-Turmusi
Lahir di Termas, Pacitan Jawa timur pada 12 Jumadil awwal 1285 H / 31 agustus 1868 M dan wafat di Makkah pada 1 rajab 1338 H / 20 Mei 1920 M.
Pendidikannya berawal dari keluarga beliau sendiri hingga kemudian melanjutkan ke Semarang dan menyempurnakan hasanah keilmuannya di Makkah.
Setelah berhasil, beliau mengajarkan ilmunya kepada kaum jawa yang juga berada di Makkah dan beliau tetap disana hingga akhir hayatnya. Berdasarkan ketinggian intelektualnya, beliau mampu membuat ringkasan-ringkasan kitab-kitab dan juga syarah serta menulis kitab-kitab baru.
5.      Syeikh Ihsan Jampes
Lahir di Kediri Jawa Timur pada 1901 M dan wafat pada tahun 1952 M. Ayahnya bernama KH. Dahlan.
Beliau cerdas dan berdaya tangkap yang mengagumkan. Beliau juga suka akan kesenian namun juga sangat lihai dalam bermain judi. Meski demikian, beliau aktif dalam sorogan kepada ayahnya. Hal ini aktif beliau lakukan pada tengah malam sepulang dari keluyuran. Namun watak nakalnya ini ahirnya pudar setelah beliau dimarahi dalam mimpinya oleh kakeknya. Setelah itu, timbul keinginan kuat dalam hatinya untuk menuntut ilmu hingga ahirnya beliau memutuskan untuk mondok. Mulai dari Termas, Semarang dan sekitarnya hingga Madura. Dan ahirnya beliau terkenal akan kealimannya tidak hanya di jawa namun juga seluruh penjuru dunia islam.
6.      KH. Hasyim Asy‘ari
Beliau masih mempunyai garis keturunan dengan Maulana Ishaq (ayah sunan giri). Lahir di Jombang Jawa Timur pada selasa kliwon, 24 Dzulqaidah 1287 H / 14 februari 1871 M dan wafat pada tanggal 25 juli 1947 M / 7 ramadlan 1366 H dalam usia 79 tahun.
Pendidikannya berawal dari mempelajari al-qur’an di bawah asuhan keluarga dan kemudian mondok di daerha madura dan jawa. Beliau terkenal teguh hingga saat beliau mondok pada kiyai Ya’qub Sidoarjo, beliau dinikahkan dengan putrinya yaitu Khadijah pada tahun 1892 , dalam usia 21 tahun.
Sehabis nikah, beliau haji bersama istrinya dan sepulang dari haji, mertuanya menganjurkannya untuk belajar di Makkah. Namun tujuh bulan di Makkah, istrinya melahirkan seorang putra dan beberapa hari kemudian istrinya meninggal. Setelah itu beliau kembali ke Indonesia dan kembali lagi ke Makkah bersama adiknya pada tahun 1309 H/ 1893 M.
Beliau kemudian mendapatkan ijazah untuk mengajar kitab shahih Bukhari. Dan setelah mendapatkan ilmu yang lebih dari mumpuni, beliau kembali lagi ke Indonesia pada tahun 1900 M/ 1314 H. Sekembalinya ini, beliau membuka pengajian keagamaan dan juga memberikan pengajaran di pondok Nggedang hingga kemudian beliau mendapatkan 28 santri untuk dididik. Beliau mencari suatu tempat yang penuh dengan tantangan yang dikenal dengan daerah hitam. Tepatnya di Tebu Ireng (pohon tebu yang berwarna hitam). Disini beliau bertindak sebagai pimpinan pesantren secara formal dan pimpinan masyarakat secara informal.
Pada tanggal 16 rajab 1344 H, beliau mendirikan NU dan Hasyim Asy’ari sebagai Rais akbarnya. Beliau juga mempunyai banyak karya dari ide-ide serta gagasannya.
7.      KH. Bisri Musthofa
Namanya adalah Mashadi yang lahir di Rembang JaTeng pada 1915 M dengan ibu Chodijah dan ayah Djaja Ratiban yang kemudian nama beliau diganti dengan H. Zaenal Musthofa. Beliau wafat pada hari rabu, 17 februari 1977 M / 27 shafar 1397 H di Rs. dr. Karyadi Semarang.
Perjalanan pendidikannya tidak jauh beda dengan ualam’ yang telah diceritakan terdahulu. Beliau senantiasa belajar meski telah terkenal kealimannya dan terakhir beliau belajar di Makkah namun baru satu tahun belajar, beliau diminta pulang oleh mertuanya (kyai Kholil) dan mertua beliau wafat hingga ahirnya gelar kyai melekat padanya.
Selain sebagai politikus, penceramah dan berdakwah, beliau juga menghasilakn karya-karya berupa tulisan kurang lebih sekitar 100 judul.
8.      Syekh Yasin Al-Fadani
Lahir di Makkah pada tahun 1335 H / 1915 M dan bermukim disana hingga wafat.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

kalimat pakon lan panyuwun

Materi mata pelajaran Bahasa Jawa hari ini, *Ukara pakon lan panyuwun*. Dalam bahasa Indonesia kalimat pakon disebut dengan kalimat perintah sedangkan kalimat panyuwun disebut dengan kalimat permintaan.  tulodho (contoh): 1. kalimat pakon ♢buk, pendetna buku! 2. kalimat panyuwun ♢dik, nyuwun permene!

Ha' Saktah

Masih terkait dengan Ilmu Falak yakni hadits tentang perintah untuk melaksanakan salat yang berbunyi: عن ﺟﺎ بربن عبد الله: أن النبي صلى الله عليه وسلم جاءه جبريل عليه السلام فقال له: (قم فصله) فصلى الظهر حين زالت الشمس. “Dari Jabir bin Abdullah r.a berkata telah datang kepada Nabi SAW. Jibril a.s lalu berkata kepadanya bangunlah, lalu bersembahyanglah kemudian Nabi shalat Dzuhur dikala matahari tergelincir. Ustadz Imam Zarkasyi mengatakan didalam bukunya bahwasannya terdapat cara-cara dalam melafadzkan waqaf, diantaranya terdapat 11 macam waqaf. salah satunya yaitu jika kalimatnya dari fi'lu al-mu'tal al-mahdzuf akhiruhu. maka ketika waqaf dapat dibaca dengan menambahkan huruf ha' saktah  (هاء السكتة).  contoh: كلاّ لئن لم ينتهِ   dibaca   كلاّ لئن لم ينتهِهْ فلذلك فادعُ   dibaca    فلذلك فادعُهْ Saktah ialah diam sejenak sambil menahan nafas. Yang dimaksudkan dengan Ha-Saktah adalah ha` zaid (tambahan), yang didatangkan pada akhir kata den

TELESKOP

teleskop refraktor TELESKOP Teleskop merupakan sebuah alat yang digunakan untuk meneropong benda dengan mengumpulkan cahaya dan memfokuskannya sehingga dapat terlihat. Teleskop berfungsi untuk memperbesar ukuran sudut benda dan kecerahannya. Semakin besar diameter teleskop maka lebih banyak cahaya yang bisa dikumpulkannya. Perbandingan antara panjang dengan diameter teleskop disebut dengan F Number. Misalnya teleskop dengan diameter 10 cm dengan panjang focus 1 m (1000 cm) maka perbandingannya adalah 1000/10. Sehingga nilainya adalah F100. F100 berarti semakin kecil F number, semakin besar tingkat kecerangan teleskop. Selain mampu untuk memperbesar benda, teleskop juga mampu memisahkan obyek. Pemisahan obyek yang dilakukan oleh teleskop adalah terhadap bintang ganda. Dimana sebagaimana manusia beserta bumi seisinya yang mempunyai pasangan, ternyata secara samar, bintang juga mempunyai pasangannya sendiri-sendiri dan hal ini bisa dilihat dari bumi dengan menggunakan teleskop dengan