DASAR HUKUM WAKTU SALAT
1. An-Nisa’:
103
#sÎ*sù ÞOçFøÒs% no4qn=¢Á9$# (#rãà2ø$$sù ©!$# $VJ»uÏ% #Yqãèè%ur 4n?tãur öNà6Î/qãZã_ 4 #sÎ*sù öNçGYtRù'yJôÛ$# (#qßJÏ%r'sù no4qn=¢Á9$# 4 ¨bÎ) no4qn=¢Á9$# ôMtR%x. n?tã úüÏZÏB÷sßJø9$# $Y7»tFÏ. $Y?qè%öq¨B ÇÊÉÌÈ
103.
Maka apabila kamu telah menyelesaikan shalat(mu), ingatlah Allah di waktu
berdiri, di waktu duduk dan di waktu berbaring. kemudian apabila kamu telah
merasa aman, Maka dirikanlah shalat itu (sebagaimana biasa). Sesungguhnya
shalat itu adalah fardhu yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang
beriman.
2. Thaha:
130
÷É9ô¹$$sù 4n?tã $tB tbqä9qà)t ôxÎm7yur ÏôJpt¿2 y7În/u @ö6s% Æíqè=èÛ Ä§ôJ¤±9$# @ö6s%ur $pkÍ5rãäî ( ô`ÏBur Ç!$tR#uä È@ø©9$# ôxÎm7|¡sù t$#tôÛr&ur Í$pk¨]9$# y7¯=yès9 4ÓyÌös? ÇÊÌÉÈ
130.
Maka sabarlah kamu atas apa yang mereka katakan, dan bertasbihlah dengan memuji
Tuhanmu, sebelum terbit matahari dan sebelum terbenamnya dan bertasbih pulalah
pada waktu-waktu di malam hari dan pada waktu-waktu di siang hari, supaya kamu
merasa senang,
3. Al-Isra’:
78
ÉOÏ%r& no4qn=¢Á9$# Ï8qä9à$Î! ħôJ¤±9$# 4n<Î) È,|¡xî È@ø©9$# tb#uäöè%ur Ìôfxÿø9$# ( ¨bÎ) tb#uäöè% Ìôfxÿø9$# c%x. #Yqåkô¶tB ÇÐÑÈ
78.
Dirikanlah shalat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan
(dirikanlah pula shalat) subuh[865]. Sesungguhnya shalat subuh itu disaksikan
(oleh malaikat).
[865] Ayat ini menerangkan waktu-waktu
shalat yang lima. tergelincir matahari untuk waktu shalat Zhuhur dan Ashar,
gelap malam untuk waktu Magrib dan Isya.
4. Ar-rum:
17-18\
z`»ysö6Ý¡sù «!$# tûüÏm cqÝ¡ôJè? tûüÏnur tbqßsÎ6óÁè? ÇÊÐÈ ã&s!ur ßôJysø9$# Îû ÅVºuq»yJ¡¡9$# ÇÚöF{$#ur $|ϱtãur tûüÏnur tbrãÎgôàè? ÇÊÑÈ
17.
Maka bertasbihlah kepada Allah di waktu kamu berada di petang hari dan waktu
kamu berada di waktu subuh,
18. Dan bagi-Nyalah segala puji di
langit dan di bumi dan di waktu kamu berada pada petang hari dan di waktu kamu
berada di waktu Zuhur[1167].
[1167] Maksud bertasbih
dalam ayat 17 ialah bersembahyang. ayat-ayat 17 dan 18 menerangkan tentang
waktu sembahyang yang lima.
5. Hud:
114
ÉOÏ%r&ur no4qn=¢Á9$# ÇnûtsÛ Í$pk¨]9$# $Zÿs9ãur z`ÏiB È@ø©9$# 4 ¨bÎ) ÏM»uZ|¡ptø:$# tû÷ùÏdõã ÏN$t«Íh¡¡9$# 4 y7Ï9ºs 3tø.Ï úïÌÏ.º©%#Ï9 ÇÊÊÍÈ
114.
Dan dirikanlah sembahyang itu pada kedua tepi siang (pagi dan petang) dan pada bahagian
permulaan daripada malam. Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu
menghapuskan (dosa) perbuatan-perbuatan yang buruk. Itulah peringatan bagi
orang-orang yang ingat.
Hadits
1. Hadis Riwayat Jabir bin Ahmad r.a
عن ﺟﺎ بر رضى الله عنه قال أن النبي صلى الله
عليه وسلم جاءه جبريل عليه السلام فقال له قم فصله فصلى الظﻬﺮ حين زالت الشمس ثم
جاءه العصر فقال قم فصله فصلى العصر حين صار ظل كل شيئ مثله ثم جائه المغرب فقال
قم فصله فصلى المغرب حين وجبت الشمس ثم جاءه العشاء فقال قم فصله فصلى العشاء حين
غاب الشفق ثم جاءه الفجر فقال ثم فصله فصلى الفجر حين برق الفجر او قال سطع البحر
ثم جاءه بعد الغد للظهر فقال قم فصله فصلى الظهر حين صار ظل كل شئ مثله ثم جاءه
العصر قم فصله فصلى العصر حين صار ظل كل شئ مثله ثم جاءه المغرب وقتا واحدا لم يزل
عنه ثم جاءه العشاء حين ذهب نصف الليل اوقال ثلث الليل فقال قم فصله فصلى العشاء
حين جاءه حين اسفر جدا فقال قم فصله فصلى الفجر ثم قال ماهذين الوقتين وقت (رواه احمد
والنسائ والترمذى([1]
Artinya: “Hadits Jabir bin Abdillah radhiyallahu’anhu, dari Jabir bin Abdillah radhiyallahu
‘anhuma : Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah didatangi Jibril ’alaihi
salam. Jibril berkata
kepada beliau, “Bangkit dan kerjakanlah shalat”, maka beliau mengerjakan shalat
Zuhur ketika matahari sudah tergelincir. Kemudian ia datang lagi di waktu
‘Ashar. Jibril berkata, “Bangkit dan kerjakanlah shalat”, maka beliau
mengerjakan shalat ‘Ashar ketika bayangan segala sesuatu sama panjang dengan
tingginya. Kemudian ia datang lagi di waktu Maghrib. Jibril berkata, “Bangkit
dan kerjakanlah shalat”, maka beliau mengerjakan shalat Maghrib ketika matahari
sudah tenggelam. Kemudian ia datang di waktu ‘Isya. Jibril berkata, “Bangkit
dan kerjakanlah shalat”, maka beliau mengerjakan shalat Isya ketika warna merah
di langit telah hilang. Kemudian ia datang di waktu Shubuh. Jibril berkata,
“Bangkit dan kerjakanlah shalat”, maka beliau mengerjakan shalat Shubuh ketika
fajar telah terbit, atau dia berkata, ketika fajar telah terang. Keesokan
harinya Jibril datang lagi di waktu Zuhur. Jibril berkata, “Bangkit dan
kerjakanlah shalat”, maka beliau mengerjakan shalat Zuhur ketika bayangan benda
sama dengan tingginya. Kemudian ia datang di waktu Ashar. Jibril berkata,
“Bangkit dan kerjakanlah shalat”, maka beliau mengerjakan shalat ‘Ashar ketika
bayangan benda dua kali tingginya. Kemudian ia datang di waktu Maghrib sama
sebagaimana kemarin. Kemudian dia datang di waktu Isya. Jibril berkata,
“Bangkit dan kerjakanlah shalat”, maka nabi mengerjakan shalat ‘Isya ketika
separuh malam hampir berlalu, atau dia berkata ketika sepertiga malam telah
berlalu. Kemudian ia datang di waktu fajar sudah sangat terang. Jibril berkata,
“Bangkit dan kerjakanlah shalat”, maka beliau mengerjakan shalat Shubuh. Kemudian
Jibril berkata, “Di antara dua waktu inilah waktu untuk shalat.” (HR. Ahmad,
Nasa’i, Tirmidzi, shahih).
2. Hadis riwayat
Abdullah bin Amar r.a
عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرٍو أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ
-صلى الله عليه وسلم- قَالَ « وَقْتُ الظُّهْرِ إِذَا زَالَتِ الشَّمْسُ وَكَانَ ظِلُّ
الرَّجُلِ كَطُولِهِ مَا لَمْ يَحْضُرِ الْعَصْرُ وَوَقْتُ الْعَصْرِ مَا لَمْ تَصْفَرَّ
الشَّمْسُ وَوَقْتُ صَلاَةِ الْمَغْرِبِ مَا لَمْ يَغِبِ الشَّفَقُ وَوَقْتُ صَلاَةِ
الْعِشَاءِ إِلَى نِصْفِ اللَّيْلِ الأَوْسَطِ وَوَقْتُ صَلاَةِ الصُّبْحِ مِنْ طُلُوعِ
الْفَجْرِ مَا لَمْ تَطْلُعِ الشَّمْسُ [2]
Dari Abdullah bin Amr, sesungguhnya Nabi SAW
bersabda: Waktu zuhur apabila matahari tergelincir sampai bayang-bayang
seseorang sama dengan tingginya, yaitu selama belum datang waktu ashar. waktu
Ashar selama matahari belum menguning. waktu Maghrib selama mega merah belum
hilang. waktu Isya’ sampai tengah malam. Waktu subuh mulai terbit fajar
matahari selama matahari belum terbit” (HR. Muslim dari Abdullah bin Amr).
3. Jabir bin Abdullah r.a
ﻋﻦ
ﺠﺎﺑﺮ ﺑﻦ ﻋﺑﺪ ﺍﻟﻟﻪ ﺮﺿﻰ ﺍﻠﻠﻪ ﻋﻨﻪ ﻘﺎﻞ ﺍﻥ ﺍﻟﻨﺑﻰ
ﺼﻠﻌﻡ ﺠﺎﺀﻩ ﺠﺑﺮﻴﻝ ﻋﻟﻴﻪ ﺍﻟﺴﻼﻢ ﻔﻘﺎﻞ ﻟﻪ ﻘﻢ ﻔﺻﻟﻪ ﻔﺼﻟﻰ ﺍﻟﻇﻬﺭ ﺤﺗﻰ ﺰﺍﻠﺖ ﺍﻟﺷﻤﺱ ﺛﻡ ﺠﺎﺀﻩ
ﺍﻟﻌﺼﺮ ﻔﻘﺎﻞ ﻘﻡ ﻔﺼﻟﻪ ﻔﺼﻟﻰ ﺍﻠﻌﺼﺮ ﺤﻴﻥ ﺼﺎﺭ ﻆﻞ ﻜﻞ ﺷﻴﺊ ﻤﺜﻟﻪ ﺛﻡ ﺠﺎﺀﻩ ﺍﻠﻤﻐﺮﺏ ﻔﻘﺎﻞ ﻘﻡ
ﻔﺼﻟﻪ ﻔﺼﻠﻰ ﺍﻠﻤﻐﺮﺏ ﺤﻴﻥ ﻭﺟﺑﺕ ﺍﻠﺸﻤﺲ ﺜﻡ ﺟﺎﺀﻩ ﺍﻠﻌﺸﺎﺀ ﻔﻘﺎﻞ ﻘﻡ ﻔﺼﻟﻪ ﻔﺼﻠﻰ ﺍﻠﻌﺸﺎﺀ ﺤﻴﻦ ﻏﺎﺏ
ﺍﻠﺷﻔﻕ ﺜﻢ ﺠﺎﺀﻩ ﺍﻠﻔﺠﺮ ﻔﻘﺎﻞ ﻘﻢ ﻔﺼﻟﻪ ﻔﺻﻟﻰ ﺍﻠﻔﺟﺮ ﺤﻴﻥ ﺑﺮﻕ ﺍﻠﻔﺠﺮ ﻮﻗﺎﻞ ﺴﻄﻊ ﺍﻠﺑﺤﺭ ﺜﻢ
ﺟﺎﺀﻩ ﺑﻌﺪ ﺍﻠﻐﺪ ﺍﻠﻆﻬﺭ ﻔﻘﺍﻞ ﻗﻡ ﻔﺼﻟﻪ ﻔﺼﻟﻰ ﺍﻠﻈﻬﺮ ﺤﻴﻥ ﺼﺍﺭ ﻅﻝ ﻜﻝ ﺷﻴﺊ ﻤﺜﻠﻪ ﺜﻢ ﺠﺎﺀﻩ
ﺍﻠﻌﺼﺭ ﻔﻗﺎﻞ ﻘﻢ ﻔﺻﻟﻪ ﻔﺻﻟﻰ ﺍﻠﻌﺼﺮ ﺤﻴﻥ ﺼﺎﺭ ﻆﻞ ﻜﻝ ﺸﻴﺊ ﻤﺛﻟﻪ ﺜﻢ ﺟﺎﺀﻩ ﺍﻟﻤﻐﺮﺏ ﻭﻘﺗﺎ ﻮﺍﺤﺩﺍ
ﻠﻡ ﻴﺰﻞ ﻋﻨﻪ ﺜﻢ ﺟﺎﺀﻩ ﺍﻠﻌﺸﺎﺀ ﺤﻴﻥ ﺬﻫﺐ ﻨﺼﻑ ﺍﻠﻠﻴﻝ ﺍﻮﻗﺎﻞ ﺜﻠﺚ ﺍﻠﻟﻴﻝ ﻔﺼﻠﻰ ﺍﻠﻌﺷﺎﺀ ﺤﻴﻦ
ﺟﺎﺀﻩ ﺣﻳﻥ ﺍﺴﻔﺮ ﺠﺪﺍ ﻔﻘﺍﻞ ﻗﻡ ﻔﺼﻠﻪ ﻔﺼﻟﻰ ﺍﻟﻔﺠﺮ ﺜﻡ ﻘﺎﻞ ﻤﺎ ﺑﻴﻥ ﻫﺬﻴﻥ ﺍﻟﻮﻗﺘﻴﻥ ﻭﻘﺖ ) [3].ﺮﻭﺍﻩ ﺍﺤﻤﺪ ﻮﺍﻠﻨﺴﺎﺉ ﻮﺍﻟﺘﺭﻤﺬﻱ ﻴﻧﺤﻮﻩ (
“Dari Jabir bin
Abdullah r.a. berkata telah datang
kepada Nabi saw, Jibril a.s lalu berkata kepadanya ; bangunlah! lalu salatlah,
kemudian Nabi saw salat Zuhur di kala matahari tergelincir. Kemudian ia datang
lagi kapadanya di waktu Asar lalu berkata : bangunlah lalu salatlah!. Kemudian
Nabi saw salat Asar di kala bayang-bayang sesuatu sama dengannya. Kemudian ia
datang lagi kepadanya di waktu Magrib lalu berkata : bangunlah lalu salatlah,
kemudian Nabi saw salat Magrib di kala matahari terbenam. Kemudian ia datang
lagi kepadanya di waktu Isya lalu berkata : bangunlah dan salatlah! Kemudian
Nabi salat Isya di kala matahari telah terbenam. Kemudian ia datang lagi
kepadanya di waktu fajar lalu berkata : bangunlah dan salatlah! kemudian Nabi
saw salat fajar di kala fajar menyingsing. Ia berkat : di waktu fajar bersinar.
Kemudian ia datang pula esok harinya pada waktu Zuhur, kemudian berkata
kepadanya : bangunlah lalu salatlah, kemudian Nabi saw salat Zuhur di kala
bayang-bayang sesuatu sama dengannya. Kemudian datang lagi kepadanya di waktu Asar
dan ia berkata : bangunlah dan salatlah! kemudian Nabi saw salat Asar di kala
bayang-bayang matahari dua kali sesuatu itu. Kemudian ia datang lagi kapadanya
di waktu Magrib dalam waktu yang sama, tidak bergeser dari waktu yang sudah.
Kemudian ia datang lagi kepadanya di waktu Isya di kala telah lalu separuh
malam, atau ia berkata : telah hilang sepertiga malam, Kemudian Nabi saw salat Isya.
Kemudian ia datang lagi kepadanya di kala telah bercahaya benar dan ia berkata
; bangunlah lalu salatlah, kemudian Nabi salat fajar. Kemudian Jibril berkata :
saat dua waktu itu adalah waktu salat.” (HR. Imam Ahmad, Nasa’i dan Thirmizi).
عن انس قال :كان رسول الله صلعم يصلى العصر و
الشمس مر تفعة حية, فيذهب الذا هب الى العوالى فياء تيهم والشمس مر تفعة وبعض
العوالى من المد ينه على اربعة اميال ونحوه
“Diriwayatkan dari Anas Bin Malik: Rasulullah
mengerjakan salat Asar pada saat matahari masih panas dan tinggi dan jika
seseorang pegi ke Al-A’wali, Madinah, ketika ia sampai disana akan menemukan
bahwa matahari masih tinggi. Sebagian orang mengatakan bahwa jarak antara
Al-A’wali, Madinah dengan kota adalah
empat miil”[4]
عن هشام قال قالت عائشة ر ض : كان رسول الله صلعم
يصلى العصر والشمس واقعة فى حجرتى (رواه مسلم)
Dari Hisyam berkata “Aisyah ra berkata
: Rasulullah SAW mengerjakan salat Asar, sedang dalam bilikku belum kelihatan
bayangan matahari dalam biliknya”(HR Muslim)[5]
[1] Muhammad bin Ali bin Muhammad
asy-syaukani, Nailul Author, Beirut: Dar al-kitab, Jilid I, hlm. 435.
[2] Imam Muslim bin al-hajjaj al-Qusyairy
an-Naisabury, Shahih Muslim, Beirut: dar al-Kitab al-ilmiyah,juz II,
hlm.546-547.
[3]
Al-Hafiz Jalal al-Din al-Suyuthi, Sunan al-Nisa’i, Beirut – Libanon :
Dar al-Kutub al-Alamiah, hlm. 263.
[4] Op cit , hlm 446
[5]
Imam Muslim, Op cit, hlm 230
Komentar
Posting Komentar