GERHANA BULAN DAN MATAHARI

Gerhana merupakan sebuah fenomena alam yang seringkali terjadi di dunia ini. Di Indonesia sendiri telah terjadi  berulangkali dimana fenomena tersebut masih ada yang mengkaitkan dengan bencana alam maupun hal-hal yang mistid. Sehingga ritual-ritual juga kadang masih ditemukan disebagian wilayah Indonesia. Sedangkan bagi mereka yang sudah faham akan fenomena terjadinya gerhana, justru menjadikan kesempatan tersebut sebagai saat yang tepat untuk melakukan observasi sehingga tidak hanya menemukan hasanah keilmuan melainkan juga melihat betapa indahnya keajaiban alam.
vase terjadinya gerhana
Gerhana bulan akan terjadi saat matahari dan bulan berada pada satu garis yaitu saat bulan beroposisi atau saat bulan purnama, sehingga pada saat tersebut, bulan melewati bayangan bumi. sedangkan gerhana matahari, akan terjadi saat ijtima' yaitu saat bulan berada diantara bumi dan matahari. baik gerhana bulan maupun gerhana matahari, keduanya kadang akan terjadi gerhana bulan total maupun gerhana sebagian. hal ini terjadi karena letak bumi, bulan dan matahari tidak selalu sejajar dan bisa juga gerhana total maupun sebagian ini juga dipengaruhi oleh jarak posisi bulan.
Selain gerhana matahari total dan sebagian, juga ada gerhana matahari cincin yang mana gerhana ini terjadi jika letak ketiga benda langit tersebut sejajar namun bulan berada terlalu jauh sehingga bayangan kerucut umbra bulan menjadi pendek dan tidak dapat menyentuk permukaan bumi. Saat itu, diameter bulan lebih kecil dari pada diameter matahari, sehingga ada bagian tepi piringan matahari yang terlihat dari bumi.

file gerhana ppt dan contoh perjitungannya (http://www.mediafire.com/?m4gc6b19er248zz)

Komentar

HEAVEN

MANAJEMEN KONTEMPORER

PENCEGAHAN DAN PEMBATALAN PERKAWINAN

GERAK PRESESI DAN GERAK NUTASI SUMBU BUMI