TRESNO JALARAN SONGKO KULINO

peribahasa jawa yang mendunia. tresno jalaran songko kulino menurut saya bisa diartikan dengan bisa karena terbiasa. 
bukan membahas tentang cinta anak muda, melainkan tentang anak balita yang sangat sulit untuk diajak kompromi dengan pembiasaan-pembiasaan yang baik. anak yang belum tahu mana yang baik dan mana yang tidak baik untuk dilakukan, hendaknya tetap senantiasa diajarkan padanya hal-hal yang baik. 
kebiasaan baik maupun tidak baik yang kita ajarkan setiap harinya akan menjadi kebiasaan bagi si anak tersebut. awalnya suatu perbuatan, memang tidak menjadi bahkan brlum pernah dilakukan oleh si anak, namun dengan ketelatenan dan ketekunan kita dalam membiasakan suatu perubahan bagi si anak, akhirnya perbuatan yang tidak pernah dilakukan itu, menjadi suatu kebiasaan. 
perbuatan yang sudah menjadi kebiasaan dalam kehidupan si anak, akan menjadi kegiatan yang biasa-biasa saja jika harus si anak lakukan dan bukan lagi menjadi suatu pekerjaan yang berat. misalnya saja shalat jum'at. 
anak yang belum pernah di ajarkan shalat jum'at, pasti seperti mustahil jika di waktu istirahat, justru diharuskan untuk melakukan ibadah di masjid. namun, bagi mereka yang sudah terbiasa, akan SUKA-SUKA saja jika harus melakukan hal itu. 

Komentar

HEAVEN

MANAJEMEN KONTEMPORER

PENCEGAHAN DAN PEMBATALAN PERKAWINAN

GERAK PRESESI DAN GERAK NUTASI SUMBU BUMI